Langsung ke konten utama

Dusun Bambu Leisure Park, Surga Alam dengan Banyak Legenda


Tidak diragukan lagi, Bandung adalah tempat wisata yang mengasikkan. Bandung selalu menghadirkan inovasi-inovasi yang membuat semakin menarik. Kawasan Bandung memang sangat mendukung, dengan udaranya yang sejuk, kemanapun akan terasa nyaman. Satu lagi wisata di bandung yang harus dan wajib dikunjungi yaitu Dusun Bambu.

Dusun Bambu merupakan salah satu wisata alam yang sedang ramai dibicarakan. Wisata ini berada di kaki gunung Burangrang Cisarua Lembang, Bandung - Jawa Barat. Dusun Bambu merupakan ekowanawisata pertama di Jawa Barat. Sesuai dengan misi 7 E ( Edukasi, Ekonomi, Etika, Estetika, Etnologi, dan Entertainment).

Menjadi ekowanawisata menjadikan pembangunan Dusun Bambu lebih kepada konvesvasi alam, dengan menyajikan bagaimana bersimbiosis dengan alam secara langsung. Setelah tiba di tempat karcis, wisatawan akan diantarkan menuju tempat tujuan masing-masing dengan kendaraan ontang-anting. Lahir di Tatar Sunda Jawa Barat, Dusun Bambu banyak menggunakan nama-nama yang sesuai dengan kearifan lokal setempat.

Misalnya restoran yang diberi nama Burangrang yang merupakan nama gunung tempat berpijaknya Dusun Bambu. Selanjutnya yaitu Lutung Kasarung, sebuah cafe yang dibangun dengan konsep rumah pohon yang cantik dan unik. Ruangan-ruangannya ditata layaknya seperti kandang burung. Sedangkan nama putri yang diselamatkan Lutung Kasarung juga digunakan sebagai nama tempat makan lesehan, Purbasari.


Dusun Bambu Family Leisure Park menyuguhkan pemandangan alami yang sudah ada dari sebelum berdiri, hanya keindahan tempat ini bertambah ketika sebuah danau buatan hadir di depan tempat makan. Menjadikan suasana tersendiri seperti pada cerita-ceirta legenda.
Beberapa kegiatan yang bisa ijadikan pilihan ketika berada di Dusun Bambu ini yaitu menikmati suasana pedesaan yang damai menggunakan sampan sangkuriang, juga hiking pagi hari menikmati pegunungan Burangrang. Selain hiking kita juga bia melakukan olahraga, bisa melakukan team building, latihan memanah dan bersepeda.

Balapan gokart, biking, glamour camping, panen dan menanam padi, paint ball, telusur sungai dusun bambu,  menikmati Taman Arimbi juga bisa dijadikan pilihan selama berwisata di dusun bambu.

Sejarah Dusun Bambu
Dusun bambu dibangun atas keprihatinan masyarakat terhadap lahan pertanian yang tidak terpakai di dusun bambu. Para petani tidak menghiraukan lahan tersebut setelah panen, hingga tahun 2008 beberapa pengusaha bersepakat untuk mengembalikan atau memulihkan lahan tersebut agar dapat digunakan. Yakni berupa lahan konservasi bambu.

Tidak mudah mengembalikan lahas seluas 15 hektar untuk menghijau kembali, menurut data mereka harus membangun terlebih dahulu bibit pohon sebanyak 10.000. semua ini dilakukan untuk menciptakan dan menyembuhkan surga yang telah lama dinanti. Proses ini membutuhkan waktu yang lama. Hampir 4 tahun lamanya usaha penghijauan ini berjalan, dibawah pimpinan Arsitek Hijau Oky Kusprianto.

Beberapa banguanan dengan konsep green mulai dibangun setelah vegetasi alam dusun bambu mulai pulih. Arsitek Hijau Oky Kusprianto harus berpikir keras untuk membangun bangunan yang dapat menyatu dengan alam tapi memiliki nilai estetik yang tinggi. Hingga akhirnya tepat 16 Januari 2014, dusun bambu bangkit dan bermetamorfosa menjadi ekowanawisata pertama di Jawa Barat.

Fasilitas di Dusun Bambu
Dusun bambu disebut sebagai surganya keluarga, mereka menyuguhkan fasilitas yang menyeluruh. Fasilitas anak-anak misalnya, anak-anak dapat bermain di bamboo play ground, panen padi atau produk pertanian , belajar tali temali, bermain mainan tradisional. Semua alat dan fasilitas permainan dipadukan dengan bahan-bahan dari alam, sehingga nuansa alam yang kental akan tetap ada. Mulai dari bambu hinga kayu gelondong, meraka mengubahnya menjadi wahana permainan.

Dusun Bambu ini sudah menyediakan pick up untuk pengunjung yang mau menikmati luasnya lahan dusun bambu. Walaupun begitu, berjalan kaki adalah pilihan yang tidak salah, karena keindahannya akan semakin tampak detail. Satu lagi fasilitas di dusun bambu yang unik, yaitu naik balon udara. Karena salah satu restoran menggunakan desain sangkar burung, maka menyusuri keindahan dengan gaya bird eye tidak ada salahnya.

Restaurant/tempat makan juga tersedia di dusun bambu, harga makanan di Dusun Bambu Leusire Park tergolong murah dengan kekhasan masakannya. Restaurant tersebut antara lain Burangrang Resto, Lutung Kasarung, dan Purbasari Restaurant. Fasilitas lainnya yaitu villa dusun bambu (harga penginapan sesuai dengan wisatawn dusun bambu), eagle camp, pasar khatulistiwa, tegal pangulinan, balad loday, dan mushola.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Dusun Bambu
Wisata dusun bambu buka setiap hari mulai 09.00-21.00 WIB. Tiket masuk ke Dusun Bambu sebesar Rp 15.000/orang, parkir roda 2 Rp 5.000, parkir roda 4 Rp 10.000.

Hunting Foto di Dusun Bambu
Spot wajib yang harus diabadikan yaitu tugu selamat datang dusun bambu, shuttle car dusun bambu, sangkar burung lutung kasarung, danau purbasari, pasar khatulistiwa dan playing ground.

Tips Berwisata ke Dusun Bambu
     1.      Range harga makanan untuk menengah ke atas
     2.      Datang saat weekday untuk mendapatkan banyak foto keren.
     3.      Untuk makan di sarang burung Lutung Kasarung sebaiknya datang lebih awal.
     4.      Gunakan sepatu untuk hiking agar tidak lecet.
Semoga bermanfaat.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendekatan Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

  PENDEKATAN LINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Dosen Pengampu : M. Bayu Firmansyah, M.Pd ­­ Disusun Oleh : Dewi Anta Sari PBSI 2016 B (16188201044) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016/1017

Makalah Analisis Wacana Dalam Pembelajaran Bahasa

ANALISIS WACANA  DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Dosen Pengampu : M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun Oleh : Dewi Anta Sari PBSI 2016 B (16188201044) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016/1017 ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Makalah Untuk Diseminarkan Dikelas PBSI 2016 B Dosen Pengampu : M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun Oleh : Dewi Anta Sari (16188201043) STKIP STIT PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016/1017 KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur saya ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dan anugerah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas  mata kuliah estetika sastra. Makalah yang berjudul “ Analisis Wacana Dalam Pembelajaran Bahasa ” ini saya buat dalam rangka menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Bapak M. Bayu Firmansyah , M.

Makalah Estetika Sastra - Analisis Puisi Catetan Th. 1946 Karya Chairil Anwar

ESTETIKA SASTRA Dosen Pengampu : Drs. M. Zaini, M.Pd Disusun Oleh : Dewi Anta Sari  (16188201044) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No. 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun Akademik 201 6 /201 7 KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dan anugerah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas  mata kuliah estetika sastra. Makalah yang berjudul “ Estetika Sastra ” ini saya buat dalam rangka menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Bapak Drs. M. Zaini, M.Pd selaku dosen mata kuliah Estetika Sastra.             Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah ini, khususnya kepada dosen mata kuliah ini selaku pembimbing, teman-teman yang telah memberi inspirasi, dan semua orang yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.             Saya sadar makalah ini jauh dari sempurna, oleh karena itu saya sangat mengharapkan kritik d