Langsung ke konten utama

Kampung Gajah Wonderland, Spot Unik Pilihan Keluarga Indonesia



Berbicara tentang liburan memang tidak akan ada habisnya. Tempat yang satu selesai, tempat yang satu lagi belum. Seolah panggilan jiwa, penenang stres sementara.
Bandung, tidak surutnya menjadi incaran wisatawan karena obyek wisatanya. Sersan Bajuri yang dulunya lebih dikenal dengan Century Hills mempersembahkan obyek wisata untuk tempat berlibur, belanja dan kuliner. Kampung Gajah Wonderland.

Kampung gajah wonderland terletak di Jalan Sersan Bajuri KM 3,8 Bandung, Jawa Barat. Obyek wisata ini merupakan satu diantara banyak obyek wisata yang dipilih orang tua maupun remaja untuk menghabiskan waktu bersama orang yang tercinta. Tempat ini bisa dibilang paling populer di kalangan keluarga setelah Taman Safari dan De’ranch Lembang.

Di tempat wisata kampung gajah wonderland kita dapat melihat Bandung dari ketinggian, juga menyaksikan pemandangan terindah Kota Kembang. Selain udara yang sejuk yang membuat nyaman, obyek wisata dengan luas lahan 60 hektare ini menawarkan beberapa jenis wahana yang tidak ada di tempat lain.

Wahana yang ditawarkan kampung gajah wonderland dibedakan untuk wisatawan dewasa dan anak-anak atau balita. Antara lain, Child Playground (Rp 20.000), Delman Royal (Rp 60.000), Futuristic Train (Rp 15.000), Tubby Slide: Rp 20.000), Bumperbiat: Rp 40.000), Mini ATV: Rp 20.000), Kiddy Poll, dan Wavepool.

Mini Buggy: Rp 30.000), Side Car: Rp 40.000), Buggy Family: Rp 80.000), Buggy Futuristic: Rp 50.000), Horse Riding: Rp 20.000), Formula Kart: Rp 50.000), Bodycycle: Rp 15.000), Segway: Rp 100.000), 4D Rider: Rp 50.000), Adventure Buggy: Rp 125.000), Waterboom:  Weekdays (Rp 75.000), Weekend & Public Holiday (Rp 100.000).

Yang termasuk dalam wahana baru yaitu Skyrider Paralel Adventure, merupakan wahaNa jenis Flying Fox sepanjang 439 meter. Selanjutnya yaitu Tubby Slide, seluncuran dengan manuver melingkar. Tubby slide ini terdiri atas 4 track (3 track lurus dan 1 berliku).

Di Kampung Gajah kita dapat menikmati kuliner di restoran sekitar tempat wisata yaitu Oriental dan Sundanese Resto. Bukan hanya menyajikan menu yang berbeda, tetapi juga suasana tempat yang berbeda.



Sejarah Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah bermula dari Prabu Dewa Aji Guru Adegan Kusuma yang mendapat patung Ganesha sebagai hadiah karena menyayangi rakyatnya. Adanya hal tersebut Prabu Dewa mendapat gelar baru yaitu Prabu Gajah Agung Wangi Kusuma. Semasa hidupnya, beliau tinggal di keraton Giri Gading Wangi tepatnya di Desa Pameuntasan Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat.

Rakyat disekitar keraton menyebut nama wilayah Prabu Gajah dengan Kadaleman Gajah. Seiring berjalannya waktu, nama itu tidak lagi digunakan dan berganti dengan Dalem Gajah. Tahun 1982 Desa Pameuntasan Kecamatan Soreang mengalami pemekaran wilayah. Wilayah pemekaran tersebut haruslah punya nama.

Oleh karena itu semua  tokoh masyarakat, tokoh pemuda, kepala dusun, tokoh agama, dan pemuka adat mengadakan musyawarah di balai desa guna menentukan nama yang tepat untuk wilayah tersebut. Keputusan akhir dari musyawarah tersebut didapatkan nama yang cocok dan telah disetujui, yaitu Desa Gajah Mekar. 

Nama desa Gajah Mekar diambil untuk tetap menjungjung nilai-nilai kearifan lokal, yang mana di Kampung Gajah  tersebut terdapat Makam  Dalem Gajah atau Prabu Gajah Agung Wangi Kusuma. Mengikuti alur zaman yang berubah, nama Kampung Gajah berubah menjadi Kampung Gajah Eretan.

Disebut eretan karena terdapat perahu di Sungai Citarum yang dieret guna mengangkut orang, hewan, barang dagangan dan kendaraan roda dua. Selanjutnya Desa Gajah Mekar yang awalnya termasuk wilayah Kecamatan Soreang beralih ke Kecamatan Kutawaringin.

Fasilitas Kampung Gajah Wonderland

Seperti obyek wisata pada umumnya, wisata kampung gajah wonderland ini memiliki fasilitas yang sangat unik dan lengkap. Terdiri dari fasilitas umum dan khusus, fasilitas umum berupa toilet, musholla dsb. Sedangkan fasilitas khusus diantaranya Main gate, directions, outlet, pick your own strawbery, outbond activity, wonderhall, dan sky rider mobil.

Harga Tiket Wisata Kampung Gajah Wonderland

Untuk memasuki wisata kampung gajah wonderland, Kita tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak. Entrance Ticket: Saturday – Sunday (Rp 20.000), Monday – Friday (Rp 15.000). Season Ticket: Saturday – Sunday (Rp 200.000), Monday – Friday (Rp 150.000).

Jam Buka Kampung Gajah Wonderland

Kampung gajah wonderland buka setiap hari. Sabtu – minggu – hari libur (pukul 08.00 – 18.00 WIB), Senin – jumat (09.00 – 17.00 WIB).

Hotel Dekat Kampung Gajah Wonderland


Kampung gajah wonderland di Bandung adalah tempat yang sangat populer, untuk mengunjungi seluruhnya terkadang kita harus merelakan diri untuk bermalam. Inilah beberapa hotel dekat kampung gajah yang bisa dikunjungi. Green Forest Resort, Hawadesa Villa & Cottage, Airy Eco Raya Lembang 68 Bandung, Hotel 68 Lembang, Moscato Hotel & Cafe, Rumah Kayu Cottage Syariah, Trizara Resort, Klipsch Lounge Hotel, Villa Puri Teras, The Peak Home, dan Rumas Pinus Guest House.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendekatan Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

  PENDEKATAN LINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Dosen Pengampu : M. Bayu Firmansyah, M.Pd ­­ Disusun Oleh : Dewi Anta Sari PBSI 2016 B (16188201044) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016/1017

Makalah Analisis Wacana Dalam Pembelajaran Bahasa

ANALISIS WACANA  DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Dosen Pengampu : M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun Oleh : Dewi Anta Sari PBSI 2016 B (16188201044) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016/1017 ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Makalah Untuk Diseminarkan Dikelas PBSI 2016 B Dosen Pengampu : M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun Oleh : Dewi Anta Sari (16188201043) STKIP STIT PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016/1017 KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur saya ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dan anugerah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas  mata kuliah estetika sastra. Makalah yang berjudul “ Analisis Wacana Dalam Pembelajaran Bahasa ” ini saya buat dalam rangka menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Bapak M. Bayu Firmansyah , M.

Makalah Estetika Sastra - Analisis Puisi Catetan Th. 1946 Karya Chairil Anwar

ESTETIKA SASTRA Dosen Pengampu : Drs. M. Zaini, M.Pd Disusun Oleh : Dewi Anta Sari  (16188201044) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No. 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun Akademik 201 6 /201 7 KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dan anugerah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas  mata kuliah estetika sastra. Makalah yang berjudul “ Estetika Sastra ” ini saya buat dalam rangka menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Bapak Drs. M. Zaini, M.Pd selaku dosen mata kuliah Estetika Sastra.             Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah ini, khususnya kepada dosen mata kuliah ini selaku pembimbing, teman-teman yang telah memberi inspirasi, dan semua orang yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.             Saya sadar makalah ini jauh dari sempurna, oleh karena itu saya sangat mengharapkan kritik d