Langsung ke konten utama

Jenis Asesmen Dalam Pembelajaran Bahasa

 JENIS ASESMEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

Dosen Pengampu :
M. Bayu Firmansyah, M.Pd






Disusun Oleh :
Dewi Anta Sari
PBSI 2016 B (16188201044)

STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018/2019




Asesmen dalam evaluasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu yang berupa tes dan non tes. 
A. Asesmen Berbentuk Tes 
 Tes adalah suatu cara untuk mengadakan evaluasi yang berbentuk tugas atau serangkaian tugas yang harus dikerjakan oleh peserta tes (perorangan atau kelompok) sehingga menghasilkan skor tentang prestasi atau tingkah laku peserta tes, yang dibandingkan dengan nilai standar tertentu yang telah ditetapkan. Asesmen berbentuk tes dibedakan menjadi 3, yaitu: 
1) Berdasarkan Cara Mengerjakan: 1) Tes Tertulis , 2) Tes Lisan, dan 3) Tes Perbuatan (terdiri atas: Tes paper and pencil; Tes identifikasi, Tes simulasi, dan Tes petik kerja). 
2) Berdasarkan Cara Menjawab Tes: 1) Tes Objektif (Benar-Salah, Menjodohkan, dan Pilihan ganda), dan 2) Tes Non-Objektif (Isian/melengkapi, Jawaban singkat, dan Soal uraian). 
3) Berdasarkan Taksonomi Bloom: 1) Kognitif (Pengetahuan, Pemahaman, Aplikasi, Analisis, Sintesis, Evaluasi), 2) Afektif (Menerima, Menanggapi, Penilaian, Mengorganisasikan, Karakteristik nilai), dan 3) Psikomotorik (Imitasi, Manipulasi, Presisi, Artikulasi, Naturalisasi). 

B. Asesmen Berbentuk Nontes
Jenis asesmen nontes adalah sebagai berikut.
1) Asesmen Unjuk Kerja/Performance (menggunakan instrument cek/ skala penilaian). 
2) Asesmen Portofolio (portofolio proses, portofolio pameran, portofolio refleksi).
3) Asesmen proyek (tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu).
4) Asesmen produk (metode Anecdotal notes, Analytic ratings, Holistic ratings, Checklist).
5) Asesmen diri/self assessment (peserta didik diminta menilai dirinya sendiri). 
6) Asesmen teman sejawat/peer assessment (meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan temannya dalam berbagai hal). 
7) Asesmen sikap (teknik: Observasi perilaku, Pertanyaan langsung, dan Laporan pribadi). 


DAFTAR PUSTAKA 
Wahyuni, Sri & Syukur Ibrahim. 2014. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Refika Aditama. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendekatan Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

  PENDEKATAN LINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Dosen Pengampu : M. Bayu Firmansyah, M.Pd ­­ Disusun Oleh : Dewi Anta Sari PBSI 2016 B (16188201044) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016/1017

Makalah Estetika Sastra - Analisis Puisi Catetan Th. 1946 Karya Chairil Anwar

ESTETIKA SASTRA Dosen Pengampu : Drs. M. Zaini, M.Pd Disusun Oleh : Dewi Anta Sari  (16188201044) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No. 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun Akademik 201 6 /201 7 KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dan anugerah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas  mata kuliah estetika sastra. Makalah yang berjudul “ Estetika Sastra ” ini saya buat dalam rangka menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Bapak Drs. M. Zaini, M.Pd selaku dosen mata kuliah Estetika Sastra.             Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah ini, khususnya kepada dosen mata kuliah ini selaku pembimbing, teman-teman yang telah memberi inspirasi, dan semua orang yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.             Saya sadar makalah ini jauh dari sempurna, oleh karena itu saya sangat mengharapkan kritik d

Makalah Analisis Wacana Dalam Pembelajaran Bahasa

ANALISIS WACANA  DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Dosen Pengampu : M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun Oleh : Dewi Anta Sari PBSI 2016 B (16188201044) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016/1017 ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Makalah Untuk Diseminarkan Dikelas PBSI 2016 B Dosen Pengampu : M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun Oleh : Dewi Anta Sari (16188201043) STKIP STIT PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016/1017 KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur saya ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dan anugerah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas  mata kuliah estetika sastra. Makalah yang berjudul “ Analisis Wacana Dalam Pembelajaran Bahasa ” ini saya buat dalam rangka menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Bapak M. Bayu Firmansyah , M.