JENIS ASESMEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA
Dosen Pengampu :
M. Bayu Firmansyah, M.Pd
Disusun Oleh :
Dewi Anta Sari
PBSI 2016 B (16188201044)
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018/2019
Asesmen dalam evaluasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu yang berupa tes dan non tes.
A. Asesmen Berbentuk Tes
Tes adalah suatu cara untuk mengadakan evaluasi yang berbentuk tugas atau serangkaian tugas yang harus dikerjakan oleh peserta tes (perorangan atau kelompok) sehingga menghasilkan skor tentang prestasi atau tingkah laku peserta tes, yang dibandingkan dengan nilai standar tertentu yang telah ditetapkan. Asesmen berbentuk tes dibedakan menjadi 3, yaitu:
1) Berdasarkan Cara Mengerjakan: 1) Tes Tertulis , 2) Tes Lisan, dan 3) Tes Perbuatan (terdiri atas: Tes paper and pencil; Tes identifikasi, Tes simulasi, dan Tes petik kerja).
2) Berdasarkan Cara Menjawab Tes: 1) Tes Objektif (Benar-Salah, Menjodohkan, dan Pilihan ganda), dan 2) Tes Non-Objektif (Isian/melengkapi, Jawaban singkat, dan Soal uraian).
3) Berdasarkan Taksonomi Bloom: 1) Kognitif (Pengetahuan, Pemahaman, Aplikasi, Analisis, Sintesis, Evaluasi), 2) Afektif (Menerima, Menanggapi, Penilaian, Mengorganisasikan, Karakteristik nilai), dan 3) Psikomotorik (Imitasi, Manipulasi, Presisi, Artikulasi, Naturalisasi).
B. Asesmen Berbentuk Nontes
Jenis asesmen nontes adalah sebagai berikut.
1) Asesmen Unjuk Kerja/Performance (menggunakan instrument cek/ skala penilaian).
2) Asesmen Portofolio (portofolio proses, portofolio pameran, portofolio refleksi).
3) Asesmen proyek (tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu).
4) Asesmen produk (metode Anecdotal notes, Analytic ratings, Holistic ratings, Checklist).
5) Asesmen diri/self assessment (peserta didik diminta menilai dirinya sendiri).
6) Asesmen teman sejawat/peer assessment (meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan temannya dalam berbagai hal).
7) Asesmen sikap (teknik: Observasi perilaku, Pertanyaan langsung, dan Laporan pribadi).
DAFTAR PUSTAKA
Wahyuni, Sri & Syukur Ibrahim. 2014. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Refika Aditama.
Komentar
Posting Komentar