Langsung ke konten utama

Penyusunan Asesmen Bahasa Nontes

PENYUSUNAN ASESMEN BAHASA NONTES

Dosen Pengampu :
M. Bayu Firmansyah, M.Pd




Disusun Oleh :
Dewi Anta Sari
PBSI 2016 B (16188201044)

STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2019/2020





PENYUSUNAN ASESMEN BAHASA NONTES

      
         Asesmen nontes sering juga disebut dengan asesmen otentik. Bentuk-bentuk asesmen otentik antara lain asesmen kinerja, asesmen portofolio, asesmen proyek, asesmen produk, asesmen teman sejawat, asesmen diri dan asesmen sikap.

A.  Penyusunan Asesmen Kinerja 
      Asesmen kinerja atau unjuk kerja adalah suatu penilaian yang meminta siswa untuk mendemonstrasikan dan kriteria yang diinginkan. Untuk mengamati asesmen kinerja dapat menggunakan alat atau instrumen daftar cek (misalnya ya-tidak), skala nilai (misalnya 4-1/sangat kompeten, cukup kompeten, kurang kompeten, tidak kompeten), atau bisa saja menggunakan catatan lapangan.

B. Penyusunan Asesmen Portofolio 
   Portofolio merupakan kumpulan pekerjaan siswa yang representatif menunjukkan perkembangan siswa dari waktu ke waktu. Dalam bidang bahasa, karya yang cocok untuk dimulai dengan portofolio adalah puisi karangan, desain, makalah, laporan hasil wawancara, laporan eksperimen, sinopsis, surat dan lain sebagainya.

C. Penyusunan Asesmen Proyek 
            Yang dimaksud dengan istilah proyek di sini adalah tugas yang harus diselesaikan siswa dalam periode waktu tertentu. Sebelum kegiatan penilaian proyek dilaksanakan, terlebih dahulu guru perlu melakukan perencanaan penilaian. Penilaian proyek dilakukan mulai dari perencanaan proses, pengerjaan sampai hasil akhir proyek.

D. Penyusunan Asesmen Diri 
          Asesmen diri merupakan suatu jenis asesmen yang meminta peserta didik untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan tugas, status, proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya dalam mata pelajaran tertentu didasarkan atas kriteria atau acuan yang telah disiapkan. 

E. Penyusunan Asesmen Sejawat 
         Asesmen sejawat adalah salah satu bentuk asesmen di mana siswa dapat saling memberikan penilaian. Asesmen sejawat dapat dilakukan secara berpasangan dan dapat pula dilakukan secara acak.

F. Penyusunan Asesmen Produk
    Produk asesmen adalah penilaian terhadap penguasaan siswa akan suatu keterampilan dalam membuat suatu hasil kerja dan kualitas hasil kerja siswa. Pengembangan produk meliputi tiga tahap yakni (1) tahap persiapan, (2) tahap pembuatan produk, (3) tahap pengembangan produk.  

G. Penyusunan Asesmen Sikap
             Sikap merupakan ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Penyusunan sikap didasarkan pada butir-butir SKL SMP Permen Diknas nomor 23 tahun 2006 dan SK atau KD Permen Diknas nomor 22 tahun 2006.
     

DAFTAR PUSTAKA 
Wahyuni, Sri & Syukur Ibrahim. 2014. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Refika Aditama. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendekatan Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

  PENDEKATAN LINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Dosen Pengampu : M. Bayu Firmansyah, M.Pd ­­ Disusun Oleh : Dewi Anta Sari PBSI 2016 B (16188201044) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016/1017

Makalah Analisis Wacana Dalam Pembelajaran Bahasa

ANALISIS WACANA  DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Dosen Pengampu : M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun Oleh : Dewi Anta Sari PBSI 2016 B (16188201044) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016/1017 ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Makalah Untuk Diseminarkan Dikelas PBSI 2016 B Dosen Pengampu : M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun Oleh : Dewi Anta Sari (16188201043) STKIP STIT PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016/1017 KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur saya ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dan anugerah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas  mata kuliah estetika sastra. Makalah yang berjudul “ Analisis Wacana Dalam Pembelajaran Bahasa ” ini saya buat dalam rangka menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Bapak M. Bayu Firmansyah , M.

Makalah Estetika Sastra - Analisis Puisi Catetan Th. 1946 Karya Chairil Anwar

ESTETIKA SASTRA Dosen Pengampu : Drs. M. Zaini, M.Pd Disusun Oleh : Dewi Anta Sari  (16188201044) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No. 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun Akademik 201 6 /201 7 KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dan anugerah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas  mata kuliah estetika sastra. Makalah yang berjudul “ Estetika Sastra ” ini saya buat dalam rangka menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Bapak Drs. M. Zaini, M.Pd selaku dosen mata kuliah Estetika Sastra.             Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah ini, khususnya kepada dosen mata kuliah ini selaku pembimbing, teman-teman yang telah memberi inspirasi, dan semua orang yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.             Saya sadar makalah ini jauh dari sempurna, oleh karena itu saya sangat mengharapkan kritik d