PENYUSUNAN ASESMEN BAHASA NONTES
Dosen Pengampu :
M. Bayu Firmansyah, M.Pd
Disusun Oleh :
Dewi Anta Sari
PBSI 2016 B (16188201044)
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2019/2020
Asesmen nontes sering juga disebut dengan asesmen otentik. Bentuk-bentuk asesmen otentik antara lain asesmen kinerja, asesmen portofolio, asesmen proyek, asesmen produk, asesmen teman sejawat, asesmen diri dan asesmen sikap.
A. Penyusunan Asesmen Kinerja
Asesmen kinerja atau unjuk kerja adalah suatu penilaian yang meminta siswa untuk mendemonstrasikan dan kriteria yang diinginkan. Untuk mengamati asesmen kinerja dapat menggunakan alat atau instrumen daftar cek (misalnya ya-tidak), skala nilai (misalnya 4-1/sangat kompeten, cukup kompeten, kurang kompeten, tidak kompeten), atau bisa saja menggunakan catatan lapangan.
B. Penyusunan Asesmen Portofolio
Portofolio merupakan kumpulan pekerjaan siswa yang representatif menunjukkan perkembangan siswa dari waktu ke waktu. Dalam bidang bahasa, karya yang cocok untuk dimulai dengan portofolio adalah puisi karangan, desain, makalah, laporan hasil wawancara, laporan eksperimen, sinopsis, surat dan lain sebagainya.
C. Penyusunan Asesmen Proyek
Yang dimaksud dengan istilah proyek di sini adalah tugas yang harus diselesaikan siswa dalam periode waktu tertentu. Sebelum kegiatan penilaian proyek dilaksanakan, terlebih dahulu guru perlu melakukan perencanaan penilaian. Penilaian proyek dilakukan mulai dari perencanaan proses, pengerjaan sampai hasil akhir proyek.
D. Penyusunan Asesmen Diri
Asesmen diri merupakan suatu jenis asesmen yang meminta peserta didik untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan tugas, status, proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya dalam mata pelajaran tertentu didasarkan atas kriteria atau acuan yang telah disiapkan.
E. Penyusunan Asesmen Sejawat
Asesmen sejawat adalah salah satu bentuk asesmen di mana siswa dapat saling memberikan penilaian. Asesmen sejawat dapat dilakukan secara berpasangan dan dapat pula dilakukan secara acak.
F. Penyusunan Asesmen Produk
Produk asesmen adalah penilaian terhadap penguasaan siswa akan suatu keterampilan dalam membuat suatu hasil kerja dan kualitas hasil kerja siswa. Pengembangan produk meliputi tiga tahap yakni (1) tahap persiapan, (2) tahap pembuatan produk, (3) tahap pengembangan produk.
G. Penyusunan Asesmen Sikap
Sikap merupakan ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Penyusunan sikap didasarkan pada butir-butir SKL SMP Permen Diknas nomor 23 tahun 2006 dan SK atau KD Permen Diknas nomor 22 tahun 2006.
PENYUSUNAN ASESMEN BAHASA NONTES
Asesmen nontes sering juga disebut dengan asesmen otentik. Bentuk-bentuk asesmen otentik antara lain asesmen kinerja, asesmen portofolio, asesmen proyek, asesmen produk, asesmen teman sejawat, asesmen diri dan asesmen sikap.
A. Penyusunan Asesmen Kinerja
Asesmen kinerja atau unjuk kerja adalah suatu penilaian yang meminta siswa untuk mendemonstrasikan dan kriteria yang diinginkan. Untuk mengamati asesmen kinerja dapat menggunakan alat atau instrumen daftar cek (misalnya ya-tidak), skala nilai (misalnya 4-1/sangat kompeten, cukup kompeten, kurang kompeten, tidak kompeten), atau bisa saja menggunakan catatan lapangan.
B. Penyusunan Asesmen Portofolio
Portofolio merupakan kumpulan pekerjaan siswa yang representatif menunjukkan perkembangan siswa dari waktu ke waktu. Dalam bidang bahasa, karya yang cocok untuk dimulai dengan portofolio adalah puisi karangan, desain, makalah, laporan hasil wawancara, laporan eksperimen, sinopsis, surat dan lain sebagainya.
C. Penyusunan Asesmen Proyek
Yang dimaksud dengan istilah proyek di sini adalah tugas yang harus diselesaikan siswa dalam periode waktu tertentu. Sebelum kegiatan penilaian proyek dilaksanakan, terlebih dahulu guru perlu melakukan perencanaan penilaian. Penilaian proyek dilakukan mulai dari perencanaan proses, pengerjaan sampai hasil akhir proyek.
D. Penyusunan Asesmen Diri
Asesmen diri merupakan suatu jenis asesmen yang meminta peserta didik untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan tugas, status, proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya dalam mata pelajaran tertentu didasarkan atas kriteria atau acuan yang telah disiapkan.
E. Penyusunan Asesmen Sejawat
Asesmen sejawat adalah salah satu bentuk asesmen di mana siswa dapat saling memberikan penilaian. Asesmen sejawat dapat dilakukan secara berpasangan dan dapat pula dilakukan secara acak.
F. Penyusunan Asesmen Produk
Produk asesmen adalah penilaian terhadap penguasaan siswa akan suatu keterampilan dalam membuat suatu hasil kerja dan kualitas hasil kerja siswa. Pengembangan produk meliputi tiga tahap yakni (1) tahap persiapan, (2) tahap pembuatan produk, (3) tahap pengembangan produk.
G. Penyusunan Asesmen Sikap
Sikap merupakan ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Penyusunan sikap didasarkan pada butir-butir SKL SMP Permen Diknas nomor 23 tahun 2006 dan SK atau KD Permen Diknas nomor 22 tahun 2006.
DAFTAR PUSTAKA
Wahyuni, Sri & Syukur Ibrahim. 2014. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Refika Aditama.
Wahyuni, Sri & Syukur Ibrahim. 2014. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Refika Aditama.
Komentar
Posting Komentar