Langsung ke konten utama

Penyusunan Tes Bahasa

PENYUSUNAN TES BAHASA

Dosen Pengampu :
M. Bayu Firmansyah, M.Pd




Disusun Oleh :
Dewi Anta Sari
PBSI 2016 B (16188201044)

STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2019/2020





PENYUSUNAN TES BAHASA 

      
   Langkah-langkah penyusunan tes meliputi 9 langkah berikut: (1) menyusun tujuan tes, (2) menyusun kisi-kisi tes, (3) menulis soal tes, (4) menelaah soal tes, (5) melakukan uji coba tes, (6) menganalisis butir soal, (7) memperbaiki tes, (8) merakit tes, (9) menggunakan test, (10) menafsirkan hasil tes. 

A. Menentukan Tujuan Tes
   Ditinjau dari tujuannya ada empat macam tes yang digunakan di lembaga pendidikan, yaitu (1) tes penempatan, (2) tes diagnostik, (3) tes formatif, dan (4) tes sumatif.  
  Tes diagnostik untuk mengetahui kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik. Tes formatif untuk memperoleh masukan tentang tingkat keberhasilan pelaksanaan proses pembelajaran. Tes sumatif untuk menentukan keberhasilan belajar peserta didik.

B. Menyusun Kisi-kisi Tes 
    Syarat kisi-kisi antara lain (1) harus mewakili kurikulum, (2) ditulis dengan singkat dan jelas, (3) soal dapat disusun sesuai dengan bentuk soal. Hal yang penting dalam menentukan materi tes adalah kompetensi dasar yang ingin dicapai, materi, dan indikator soal. 

C. Menulis Soal Tes 
          Sebelum soal-soal tes disusun, terlebih dahulu ditentukan jumlah butir tes yang akan dibuat. Setelah ditetapkan jumlah butir tes yang harus dipersiapkan sesuai dengan jenis dan bentuk tes yang akan digunakan, selanjutnya dilakukan penulisan butir-butir tes untuk memperjelas tes. Untul memperoleh tes, maka perlu dilengkapi dengan petunjuk cara mengerjakan tes. 

D. Menelaah Soal Tes  
   Cara menelaah butir-butir tersebut adalah (1) telaah secara kualitatif, yakni telaah oleh teman sejawat dalam rumpun keahlian yang sama, dilakukan sebelum tes diuji coba atau digunakan, (2) telaah secara kuantitatif, yakni analisis berdasarkan hasil uji coba atau hasil penggunaan tes, dilakukan setelah tes diuji coba atau digunakan. 

E.  Melakukan Uji Coba Tes 
      Tujuan uji coba adalah untuk mengukur validitas dan reliabilitas. Uji validitas dimaksudkan untuk mencari kesesuaian tes dengan kemampuan yang akan diukur. Uji reliabilitas dimaksudkan untuk melihat kemampuan tes tersebut melakukan pengukuran dengan tingkat keajekan tertentu.

F. Menganalisis Butir Soal 
    Secara garis besar dapat dikatakan bahwa ada dua cara menganalisis soal yaitu analisis soal secara teoretik atau kualitatif dan analisis soal secara empiris atau analisis soal secara kuantitatif. 

G. Memperbaiki Tes  
     Memperbaiki tes dikelompokkan menjadi tiga kelompok: (1) butir-butir tes yang dianggap baik atau diterima, (2) butir-butir tes yang tidak baik atau ditolak, (3) butir-butir tes yang kurang baik diperbaiki.

H. Merakit Tes 
       Dalam merakit tes, butir-butir soal dapat dikelompokkan menurut urutan kompetensi dasar, taraf  kesukaran, dan format atau komposisi bentuk soal.

I. Melaksanakan Tes 
     Beberapa kondisi fisik yang perlu mendapat perhatian ialah jarak tempat duduk, cahaya, ventilasi, ketenangannya, serta gangguan-gangguan yang mungkin timbul. Di samping kondisi fisik, yang perlu mendapat perhatian lagi ialah kondisi psikis siswa. 

J. Menafsirkan Hasil Tes  
         Menafsirkan hasil tes dilakukan dengan cara membuat tabel spesifikasi yang mampu menunjukkan konsep atau sub konsep atau tema atau subtema kompetensi dasar mana yang belum dikuasai peserta didik.





DAFTAR PUSTAKA 
Wahyuni, Sri & Syukur Ibrahim. 2014. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Refika Aditama. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendekatan Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

  PENDEKATAN LINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Dosen Pengampu : M. Bayu Firmansyah, M.Pd ­­ Disusun Oleh : Dewi Anta Sari PBSI 2016 B (16188201044) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016/1017

Makalah Analisis Wacana Dalam Pembelajaran Bahasa

ANALISIS WACANA  DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Dosen Pengampu : M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun Oleh : Dewi Anta Sari PBSI 2016 B (16188201044) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016/1017 ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Makalah Untuk Diseminarkan Dikelas PBSI 2016 B Dosen Pengampu : M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun Oleh : Dewi Anta Sari (16188201043) STKIP STIT PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016/1017 KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur saya ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dan anugerah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas  mata kuliah estetika sastra. Makalah yang berjudul “ Analisis Wacana Dalam Pembelajaran Bahasa ” ini saya buat dalam rangka menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Bapak M. Bayu Firmansyah , M.

Makalah Estetika Sastra - Analisis Puisi Catetan Th. 1946 Karya Chairil Anwar

ESTETIKA SASTRA Dosen Pengampu : Drs. M. Zaini, M.Pd Disusun Oleh : Dewi Anta Sari  (16188201044) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No. 27-29 Pasuruan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun Akademik 201 6 /201 7 KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dan anugerah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas  mata kuliah estetika sastra. Makalah yang berjudul “ Estetika Sastra ” ini saya buat dalam rangka menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Bapak Drs. M. Zaini, M.Pd selaku dosen mata kuliah Estetika Sastra.             Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah ini, khususnya kepada dosen mata kuliah ini selaku pembimbing, teman-teman yang telah memberi inspirasi, dan semua orang yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.             Saya sadar makalah ini jauh dari sempurna, oleh karena itu saya sangat mengharapkan kritik d