PEMILIHAN, SELEKSI BAHAN, DAN MATERI PEMBELAJARAN
Dosen Pengampu :
M. Bayu Firmansyah, M.Pd
Disusun Oleh :
Dewi Anta Sari
PBSI 2016 B (16188201044)
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No 27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018/2019
PEMILIHAN, SELEKSI BAHAN, DAN MATERI PEMBELAJARAN
PEMILIHAN, SELEKSI BAHAN, DAN MATERI PEMBELAJARAN
Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan memberikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan, baik kawasan belajar kognitif, efektif, maupun psikomotor. Baik pengajar maupun dosen perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan merencanakan kegiatan pembelajaran, atau yang sering kita sebut seni memberikan pengalaman belajar. Kegiatan pembelajaran ini dapat memunculkan berbagai pola, baik berdasarkan jumlah peserta didik maupun interaksi antar peserta didik dan antar pengajar.
Pemilihan pola kegiatan pembelajaran perlu dilaksanakan agar tujuan pembelajaran baik umum maupun khusus dapat tercapai, baik landasan kognitif, psikomotor maupun afektifnya. Tujuan yang hendak dicapai berupa bentuk-bentuk tingkah laku yang diinginkan peserta didik setelah terjadinya PBM. Bahan pelajaran dapat mengantarkan peserta didik dalam pemcapaian tujuan, bagaimana PBM yang dilaksanakan agar pengajar dan peserta didik mencapai tujuan secara efektif. Dan bagaimana menciptakan evaluasi yang tepat. Dapat dibayangkan, dengan sebuah perencanaan yang matang KBM dan PBM akan terlaksana dengan baik.
Perencanaan, persiapan sebeluk mengajar akan memantapkan pengajar ketika tampil di depan kelas, perencanaan yang matang juga dapat menimbulkan banyak inifiatif dan daya kreatif pengajar waktu mengajar, dapat pula meningkatkan interaksi pembelajaran antara pengajar dan peserta didik.
Komentar
Posting Komentar